Sejarah Desa Batang-Batang Laok


Asal Usul Desa
Sejarah Desa Batang-batang Laok yang telah diketahui sejak zaman dahulu adalah merupakan peniggalan seorang raja yang mempunyai seorang putra laki-laki yang bernama Jokotole yang gagah perkasa. Suatu ketika Jokotole tersebut jatuh sakit tepatnya di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, mengingat pada zaman dahulu masih belum ada sarana transportasi sehingga putra raja tersebut ditandu untuk dibawa ke Kraton Sumenep. Dalam perjalanan tersebut tepatnya di Kecamatan Batang-batang putra raja (Jokotole) meninggal dunia, sehingga ditempat inilah diberi nama Tang Batang (istilah bahasa madura Bebbethang). Yang sekarang disebut dalam istilah bahasa Indonesia menjadi Batang-batang, karena Batang-batang sangat luas sehigga dipecah menjadi dua yaitu Batng-batang Daya dan Batang-batang Laok.
Itulah cerita singkat sejarah Desa Batang-batang Laok yang pada zaman dahulu penduduknya tidak begitu padat dan setelah perubahan zaman maka penduduk desa Batang-batang Laok menjadi lebih padat penduduknya dibandigkan dengan desa lain di Kecamatan Batang-batang.

Sejarah Pemerintahan Desa
Berdasarkan cerita dari orang-orang tua (Sesepuh) di Desa Batang-batang Laok bahwa semenjak tahun 1945-sekarang (2017), pemerintahan Desa Batang-batang Laok sudah mengalami empat kali pergantian pimpinan atau kepala desa yaitu:
1.      Bapak Suambun, menjabat sebagai Kepala Desa Batanng-batang Laok sekitar 34 tahun yaitu tahun 1945-an s/d 1972
2.      Bapak H. Soekarno / H. Subairi, menjabat sebagai Kepala Desa Batang-batang Laok sekitar 27 tahun yaitu tahun 1972 s/d 1999
3.      Ibu Endang Susni, menjabat sebagai Kepala Desa Batng-batang Laok sekitar 14 tahun yaitu 1999 s/d 2013
4.      Bapak Haris menjabat sebagai Kepala Desa Batang-batang Laok dari tahun 2013 s/d sekarang

Sejarah Pembangunan Desa
Pada masa pemerintahan Ibu Endang Susni pada tahun 1999 mulai banyak program pembangunan mulai masuk ke Desa Batang-batang Laok diantaranya pengaspalan jalan, pengkerasan jalanan telford, pembangunan jembatan, pembangunan sekolah, simpan pinjam untuk kelompok perempuan yang tersebar diseluruh dusun yang ada di desa Batang-batang Laok.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment