Letak Geografis Desa Batang-Batang Laok

Wilayah Desa Batang-batang Laok secara geografis berada di 113º98’ BB-114 º00’ BT dan 6 º96’ LU - 6 º97’ LS. Dengan topografi wilayah Desa Batang-batang Laok berada dalam ketinggian 0-88 M dari permukaan air laut
Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 93,00 mm pertahun sebagaimana daerah lain di Indonesia, Desa Batang-batang Laok dan Iklim tropis dengan tingkat kelembapan udara lebih kurang 65% dan suhu udara rata-rata 24-32 ºC, serta curah hujan terendah terjadi pada bulan Juni-Oktober.
Iklim desa Batang-batang Laok sama degan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yatu musim hujan antara bulan November-April dan musim kemarau antara blan April sampai November.
Secara administrasi Desa Batang-batang Laok terletak sekitar 0,9 km dari ibu kota Kecamatan Batang-batang, kurang lebih 20 km dari Kabupaten Sumenep, dengan dibatasi oleh wilayah Desa-desa tetangga diantaranya disebelah utara berbataan dengan Batang-batang Daya, disebelah timur berbatasan dengan Desa Tostosan, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Longos Kecamatan Gapura, sedangkan disebelah barat berbatasan dengan Desa Tamedug.
Adapun pembagian wilayah Desa Batang-batang Laok terdiri atas 7 dusun dengan 21 rukun tetangga (RT) yaitu meliputi:
a.       Dusun Dukoh terdiri atas 2 RT
b.      Dusun Cepor terdiri atas 1 RT
c.       Dusun Pajagalan terdiri atas 4 RT
d.      Dusun Koplong terdiri atas 3 RT
e.       Dusun Jungjang terdiri atas 3 RT
f.        Dususn Jandir terdiri atas 6 RT
g.      Dusun Gerincang terdiri atas 2 RT
Luas wilayah Desa Batang-batang Laok 890,05 Ha. Luas lahan yang ad dibagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompok seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain. Luas lahan yang diperuntukkan di fasilitas umum, diantaranya luas lahan untuk jalan, kuburan, sungai, dll 28,50 Ha; luas lahan untuk bangunan umum 193,70 Ha. Untuk aktivitas kegiatan perekonomian masyarakat pada umumnya yaitu pertanian yang terdiri dari lahan sawah 171,00 Ha, ladang/tegalan 496,5 Ha.

Adapaun jenis tanah pada umumnya termasuk jenis aluvial dimana jeni tanah ini cukup sesuai untuk kegiatan pertanian namun cukup labil, ehingga mengakibatkan banyak jalan di desa Batang-batang laok yang rusak.






0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment