Saturday, August 5, 2017

Sentra Kerajinan Desa Batang-batang Laok



Nah, kali ini saya akan bercerita tentang salah satu UD hits yang ada di Desa Batang-batang Laok. UD Farida merupakan sentra kerajinan lokal yang dimiliki oleh Ibu Farida  yang terletak di Desa Batang-batang Laok, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep. UD Farida membuat produknya dengan dipimpin langsung oleh Ibu Farida selaku pemilik asli dari sentra kerajinan tangan ini. Asal mula terbentuknya UD Farida ini adalah keinginan kuat dari Ibu Farida sendiri selaku pemilik untuk memanfaatkan  waktu luang sebagai ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan. Ibu Farida belajar secara otodidak dalam membuat kerajinan tangan .  Aneka kerajinan tangan yang dibuat oleh UD Farida adalah gelang, tas dan aksesoris lainnya. UD Farida  telah memasarkan produknya baik di dalam maupun di luar negeri. Pengiriman barang di dalam negeri dilakukan ke Pulau Bali yang dikirim langung ke adik dari Ibu Farida, selanjutnya dari adik Ibu Farida baru dikirim ke luar negeri. Istilahnya Ibu Farida merupakan pihak ketiga.  Ibu Farida selaku pemilik, membawahi secara langsung pembuatan kerajinan tangan yang dihasilkan dengan menyebar mandor-mandornya untuk mengajari bagaimana cara membuat kerajinan tangan ini kepada warga-warga yang bekerja untuk UD Farida. UD Farida memasarkan produknya dengan sistem pesanan, jika ada pelanggan yang memesan baru beliau akan membuat produk dengan di bantu oleh para pegawainya. Pesanan akan dikerjakan dirumah masing-masing oleh pegawainya, sistem ini diberlakukan mengingat banyak pegawai beliau yang merupakan ibu rumah tangga. Sehingga sistem seperti ini, menurut saya sangat efektif diterapkan karena tidak memberatkan para pegawainya. .

Mendengar semua cerita Ibu Farida, saya merasa bangga atas pencapaian yang diraih oleh beliau, yang awalnya hanya belajar otodidak kini telah melebarkan sayapnya bahkan sampai di luar negeri dan memiliki pegawai yang jumlahnya semakin meningkat. Dengan adanya sentra kerajinan UD Farida juga membuka lapangan pekerjaan bagi warga Desa Batang-batang Laok untuk mendapatkan penhhasilan, khususnya untuk ibu rumah tangga. Tetapi dengan pencapaian ini, Ibu Farida masih belum puas, beliau ingin menjadikan kampung tempat tinggalnya sebagai kampung kerajinan dan memiliki gallery sendiri dan mengangkat nama baik Desa Batang-batang Laok. Nah itu saja cerita tentang UD Farida dan semoga bermanfaat….

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment