Monday, July 31, 2017

Potensi Siwalan Batang-batang Laok


Buah siwalan adalah buah yang dihasilkan oleh tumbuhan semacam palem yang biasa tumbuh di daerah kering seperti di pesisir jawa. Tumbuhan siwalan mempunyai nama lain pohon lontar. Di daerah sumenep Madura, sebutan lain untuk siwalan yaitu ta’al.
Senin, 24 juli 2017.  Desa Batang-batang Laok terkenal dengan siwalan yang melimpah. Oleh karena itu, siwalan dimanfaatkan sebagai produk unggulan agar siwalan tersebut dapat diolah dengan berbagai variasi makanan seperti es krim dan permen. Selain disukai anak-anak, permen dan es krim memiliki banyak khasiat. Di Dusun Jandir, Desa Batang-batang Laok, buah siwalan memang sangat melimpah, jika memasuki kawasan Batang-batang Laok akan ditemui banyak pohon siwalan di sepanjang jalan.
Kakek yang akrab dipanggil Noman tersebut sangat lincah dalam memanjat pohon siwalan yang amat besar dan tinggi. Dengan usiannya yg amat tua tersebut, kelincahan beliau membuat orang kagum. Semangatnya yang luar biasa dalam mencari nafkah buat keluarga sangat tinggi. Dalam sekejap beliau sudah sampai di atas, entah dengan trik yang seperti apa yang digunakan beliau.
Harga siwalan per bungkus 1250 rupiah. Menurut beliau,  Harga siwalan disana dijual murah karena disana merupakan tempat siwalan. Harga siwalan disini memang sangat murah, karena selain banyak ditemui di semua kawasan Batang-batang Laok, warga setempat menjualnya ke tengkulak sehingga ia hanya mengambil keuntungan beberapa saja.

Seperti halnya pohon kelapa, selain dapat dimanfaatkan buahnya, juga dapat dimanfaatkan air legennya sebagai pelepas dahaga. Khasiatnya legen siwalan tersebut salah satunnya memperbaiki fungsi ginjal dan mencegah impotensi.  Buah siwalan tersebut sangat memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga buah tersebut cocok bagi yang menjalankan program diet. Sedangkan, untuk daun siwalannya tersebut bia digunakan untuk kerajinan seperti tikar. Ada juga yang menjual daun siwalan kering hingga ke Bali. 


0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment