Monday, July 31, 2017

Bintang di Batang-Batang Laok

Senyum, sapa dan salam mengawali perjalanan pengajar TK Al Usmani. Ruangan kelas yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar terbagi menjadi dua dalam 1 ruang kelas. Pembatas itu hanya berupa triplek yang dihiasi gambar-gambar. Ruangan itu beralaskan lantai putih tanpa ada tempat duduk untuk anak-anak TK Al Usmani. Dinding tembok putih ditempeli oleh hasil gambar adek-adek TK Al Usmani. Pemandangan yang menunjukkan potret kondisi pendidikan di Indonesia.
Saat masuk kelas,tatapan mata mereka mengisyaratkan kekosongan serta harapan yang banyak. Kertas putih itu,siap diukir dengan bekal pengalaman dan ilmu yang dimiliki. Lantunan doa mengawali pelajaran di TK Al Usmani. Berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh guru mereka jawab dengan kepolosan dan kejujuran. Pertanyaan kecil seperti apakah hari ini berangkat ke sekolah tanpa diantarkan oleh orang tua mereka. Mereka menjawab seadanya tanpa rasa malu bahwa masih di antarkan orang tua dan bahkan masih ada yang di gendong oleh orang tua mereka. Maklum saja, disini orang tua mengantarkan anak mereka di sebabkan berbagai faktor salah satunya jarak sekolah yang terlalu jauh dan jalan yang becek saat hujan datang. Akhir-akhir ini jalan menuju sekolah mulai diperbaiki. Masyarakat saling gotong royong dan saling membantu dalam perbaikan jalan.
Sistem pengajaran di TK Al Usmani terbilang sangat unik dimana setiap minggu memiliki tema yang berbeda. Misalkan minggu ini, hari senin-selasa temanya tentang bahasa Indonesia rabu-kamis temanya angka dan huruf sedangkan hari jum'at dan sabtu temanya agama. Sistem pengajaran seperti sebaiknya perlu di contoh karena anak kecil yang masih polos harus di tanam pelajaran umum dan juga pelajaran agama. Hal ini berfungsi agar adanya keseimbangan antara umun dengan tauhid. Pelajaran di mulai dari jam 8 hingga jam 09.30 WIB.

Hal yang membanggakan dari TK Al Usmani yaitu antusias adek-adek untuk mengikuti pelajaran. Tidak peduli dengan ruangan yang sangat sempit. Hal ini dibuktikan dengan cepat tangkapnya mereka terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru. Suara sorak "hore" selalu terlontar dari bibir mungil mereka. Harapan dan Impian pasti akan menjadi nyata dengan adanya TK Al Usmani. Bintang pun akan bersinar dan adek-adek Al Usmani akan menjadi sosok pemimpin yang bisa di banggakan .

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment